Total Pageviews

Saturday 24 November 2012

SEJARAH BURGER INDONESIA

SEJARAH : Burger darimana asalmu ?

Setiap hal pasti ada sejarahnya. Demikian juga burger. Dari mana sih sebenarnya burger berasal? Ada yang mengatakan dari Eropa, tapi banyak juga yang menyebut Amerika sebagai tanah kelahiran burger. Lalu mana yang benar? Benar semuanya, karena burger memang sudah sangat akrab dengan orang Amerika dan Eropa sejak puluhan tahun silam. Walaupun sejarh kuno juga mencatat, makanan sejenis burger sudah dikenal sejak jaman Romawi.
Alkisah, dua bersaudara Frank dan Charles Menches, yang tinggal di kawasan Hamburg, New York, yang mengikuti sebuah bazaar pada 1885. Tapi mereka datang terlambat, dan terburu-buru membuat menu baru. Semacam sandwich tapi dikombinasikan sehingga menjadi seperti burger sekarang. Kisah lainnya menyebutkan seorang Texas Fletcher Davislah, yang pertama kali membuat burger. Pada awal 1800-an, dia berjualan makan siang, sejenis roti buatan sendiri yang dipasangkan dengan daging. Masih banyak kisah lain seputar burger.
Lalu dari sisi bahasa… dari mana asal nama Burger? Ini juga banyak versi. Dari Eropa muncul klaim, bawah burger berasal dari kata Hamburger, yang berarti segala sesuatu yang muncul dari kota Hamburg Jerman, termasuk makanannya. Jadi kata mereka, salah kalau orang menyebut Hamburger sebagai gabungan dari ham (semacam daging) dengan burger. Kenyataannya, semua yang berasal dari Hamburg memang disebut Hamburger, seperti juga semua yang berasal dari Frankfurt sebagai Frankfurter. Anda pasti tahu Hotdog. Nah, hotdog ini nama lainnya adalah Franfurter.
Di berbagai wilayah lainnya, nama burger juga dikenal dengan istilah yang berbeda. Misalnya di Inggris, mereka tidak terlalu familiar dengan burger, melainkan lebih suka menamainya sebagai sandwich. Sama seperti di Arab Saudi. Lalu muncul nama tambahan untuk hamburger, seperti cheeseburger, riseburger dll. Bahkan beberapa pebisnis makanan di Amerika, mempatenkan burger-burger temuan mereka.
Sejarah mencatat, burger sudah menjadi makanan favorit orang Amerika Serikat sejak tahun 1950-an (ada yang mengatakan, burger ini awalnya menjadi makanan wajib para pekerja kasar seperti sopir truk). Saat itu muncul sebuah restoran khusus burger yang didirikan oleh seorang pilot di wilayah Texas. Nama restorannya, Whataburger, yang sampai sekarang masih eksis dan mengembangkan bisnisnya dengan sistem waralaba. Di Amerika, Whataburger memiliki ribuan cabang. Tapi mereka gagal mengembangkan resto burgernya ke luar Amerika.
Pada 1950-an juga, muncul restoran burger dengan nama unik berbau Jepang, yaitu Ninjaburger. Meski berbau Jepang, restoran burger ini terletak di salah satu negara bagian Amerika Serikat. Sampai sekarang, Ninjaburger berkembang dengan baik, meskipun tidak bisa berekspansi ke luar Amerika seperti Mc D.
Beberapa tahun kemudian hadir restoran burger yang kelak menjadi sangat terkenal, Burger King yang berdiri kota Miami. Burger King kemudian berkembang sangat pesat, mengalahkan nama besar Whataburger. Alhasil selama puluhan tahun, Burger King kini memiliki 11.200 gerai, sebagian milik para waralaba. Pada tahun yang sama yaitu 1954, berdiri pula sebuah resto yang menawarkan burger. Anda mungkin sudah mendengar nama resto ini… Mc Donald. Sekarang, Mc D punya 30 ribu gerai di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Jumlah pelanggan yang dilayani mencapai 50 juta orang setiap hari.
Amerika pula yang mengekspor banyak rumah makan ala mereka, yang juga menawarkan burger. Seperti KFC, Wendys atau A&W. Mereka menjadi penguasa makanan cepat saji termasuk burger selama puluhan tahun di seluruh dunia. Burger lokal baru sedikit saja mencicipi gurihnya pasar… 




DIKIRIM DAN DITULIS OLEH SAHABAT DARI INDONESIA BAPAK BUDIAWAN

No comments:

Post a Comment